Sop Kacang Merah Segar

Masih bertema sop2 an secara busui minder kalo baby rewel dikira ASI ga cukup hehehe, jadinya saban hari ide masak yang kepikir adalah SOP. hihi ya udah lah ya yang penting bahannya beda2. Ke tukang sayur pagi2 liat ada kacang merah basah ( baca : segar), biasanya suka pake kacang merah kering yang kalo direndem sehari sebelumnya besok paginya suka males masak karna kepikiran menu lain. Padahal kan lebih bagus ya kalo pake yang seger, dimasaknya juga ga usah terlalu lama.

Cari2 deh resep di google yang pake bahan kacang merah segar, tapi jarang banget, meski akhirnya nemu nih satu dimasak dengan berbagai penyesuaian yah..;-)

RESEP SOP KACANG MERAH SEGAR

Bahan :

500 gram daging has dalam, presto 45 menit, karna super karnivora jd dagingnya dibanyakin
3 liter air
150 gram kacang merah segar, direbus 10 menit, tiriskan
2 buah wortel, dipotong bulat
2 buah tomat, dipotong 8
2 batang daun bawang, dipotong 1 cm
2 batang seledri, diikat simpul
10 butir bawang merah, diiris tipis
6 siung bawang putih, diiris tipis
5 sendok teh garam
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh pala bubuk
1.5 sendok makan margarin, untuk menumis

Cara membuat:

  1. Masak daging dalam panci presto. Buka tutupnya. Masukkan kacang merah, tomat, dan seledri. Didihkan kembali.
  2. Panaskan margarin, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tuang ke dalam rebusan daging.
  3. Masukkan garam, merica, dan pala bubuk. Aduk rata.
  4. Masukkan wortel. Biarkan sampai wortel lunak.
  5. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang. Aduk rata.
  6. Kalau suka, saat makan tambahkan kecap manis sedikit.

Jadi, ini saya masak hampir setengah kilo daging dan bertahan buat makan siang, malem, dan besok paginya digado lagi sama hubby hahaha..pokoknya banyak banget dehhh, kalo mau bikin setengahnya dibagi 2 aja ya resepnya. Lebih enak lho pake kacang merah basah. =)

SONY DSC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s