Masa kecil – Sayur Lodeh

Pada dasarnya, buat anak2 kenangan masa kecil tuh ga mudah dilupakan, Kerasa banget sama saya, dulu, kira2 10 tahun yang lalu waktu tinggal di kota kecil Situbondo, Jawa Timur, ga suka tuh yang namanya lodeh, soalnya bentuknya ga jelas, dan ga ada dagingnya, huehehe… 

Suatu hari, ada kiriman sayur dari tetangga buat mamah, waktu ditanya oh ternyata sayur lodeh, Ngicip dikit2 lohhh koq yang ini beda yah, manis and sedeppp gimana gituuu…dan berakhir dengan ludesnya itu sayur turun dari mulut dan ke lambung saya tanpa nunggu besok.

Berbekal ingatan masa kecil, saya mencoba cari resep yang lekoh jawanya. Tapi dengan sedikit penyesuaian karena ga tau kenapa saya lagi demen nih sama yang namanya nangka muda. Ngidamnya koq abis lahiran yah bukannya waktu lagi hamil. haha..

RESEP SAYUR LODEH

Bahan:
10 butir bawang merah, rajang halus
5 siung bawang putih, rajang halus
4 buah cabe merah, iris serong tipis
3 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
1 sdt ketumbar bubuk, ketumbar butiran diblender pake blenderan bumbu
1 sdt terasi matang 
4 buah terong ungu, potong kotak-kotak
1 genggam buncis, buang ujungnya, potong-potong 2 cm
2 potong besar nangka muda, buang bagian yang berbintil, potong2
4 sdt garam
3 sdt gula pasir
1 liter santan, perasan air kelapa parut asli biar segerr
4 sdm minyak untuk menumis, pakenya minyak kletik

Cara Masak:

1. Panaskan minyak lalu tumis bawang merah, bawang putih sampai harum.
2. Masukkan cabe merah, masak sampai cabe layu.
3. Tambahkan daun salam, lengkuas, ketumbar dan terasi. Masak sampai harum.
4. Tambahkan nangka muda masak agak lama sampai empuk
5. Tambahkan sisa bahan lainnya lalu masak sampai matang.

Tabur bawang goreng biar lebih krenyesss…;D

Jadinya enak nih sayur lodeh,

Image

tapi tetep aja ga bisa ngalahin sensasi rasa lidah kecil saya dahulu kala, ga tau ingetan yang mulai luntur atau dulu baru ngerasain aja jadi lebih amaze. Yang jelas selalu menyesal kalo terlalu above estimate tentang sesuatu yang diingat dulu sekali, karna pastinya kan beda yahhh haha…*merenungggg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s