.: Romantic Avocado Panacotta with Pistachios :.

Semua pada tahu kan acara tv yang namanya MasterChef?

Saya adalah pemirsa setianya, kalau di Indonesia WIB, jadwalnya tiap hari Sabtu dan Minggu jam 15.30. Nah, di Acara Master Chef Season 3 minggu kemarin itu salah seorang dari Top 8, Rissa, membuat Avocado Panacotta untuk tantangan membuat makanan untuk yang dicintai / yang terkasih.

Disitu, Rissa jadi pemenang untuk kategori Dessert, dan uniknya, dessert buatan Rissa disikat abis sama juri ganteng Chef Arnold, yang bikin dia kegirangan setengah mati, hihi…disinilah saya jadi sirik abisss  ngacay pengen bisa juga bikin panacotta.

Yang bikin kepala ini berat adalah saya ga pernah makan tuh yang namanya panacotta, huhu…padahal namanya populer ya, kampungan banget sih saya, hihi.. maka sejak saat itu saya bertekad, saya harus bikin nihh.

Setelah searching2 resep, akhirnya saya menemukan resep Raspberry Panacotta, yang saya adaptasikan menggunakan alpukat. Takarannya kira2 banget, dan agak kurang pas tapi masih oke sih, dan rasanya tuh enakkkk banget buat lidah saya yang ga pernah makan panacotta, manis dan romantis karna makannya beduwa bareng suami, hihi, segelas wine besar diabisin dalam hitungan detik. Pokoknya, saya mau bikinnnn lagiiiii…*pake gaya gemesnya Rissa ;pImage

RESEP ROMANTIC AVOCADO PANACOTTA with PISTACHIOS

Bahan :

5 lembar gelatin, rendam dalam air es, tiriskan (bisa dibeli di toko bahan kue)
300 ml susu cair
250 ml krim kental (whipping cream)
150 gr gula pasir
2 buah alpukat matang, beri sedikit air, blender
15 gr kacang pistachio, haluskan / chopper

Bahan Saus :

2 buah alpukat matang, beri sedikit air, blender
30 gr gula pasir
50 ml air
1 sdt maizena, larutkan dengan 1 sdt air

Cara membuat :

1. Masak susu cair, krim kental, dan gula pasir sambil diaduk hingga mendidih, angkat.
2. Masukkan gelatin. Aduk hingga larut. Tambahkan alpukat. Aduk rata. Tuang ke dalam gelas saji. Dinginkan dalam kulkas selama kurleb 2 jam.
3. Cara membuat Saus : masak puree alpukat, gula pasir, dan air sambil diaduk hingga mendidih. Tambahkan larutan maizena. Aduk hingga meletup-letup. Sisihkan.
setelah saus dingin, tuang 4 sendok makan ke atas panacotta. Taburi kacang pistachio. Sajikan.

Image

Menyenangkan ternyata membuat panacotta, apalagi makannya, hehehe. Ini pertama kalinya saya diperkenalkan pada gelatin. Gelatin ini adalah protein pembentuk agar2 / jelly. Jadi tekstur panacotta akan seperti pudding. Manis dan lembut di lidah. Bikin ga puas2 makannya.

Setelah pengalaman membuat panacotta ini, saya jadi makin penasaran sama teksturnya, jadi saat jalan2 di Paris van Java mall Bandung, saya sengaja berburu panacotta di restoran dan cafe, semangat 45 saat menemukan Bailey’s Panacotta pada daftar menu. Setelah dipesan dan terhidang didepan mata, saya dan suami langsung rebutan ngabisin. Ya, ga pesen sendiri2, soalnya muahal, 1 porsinya dihargai 38k rupiah, ditambah tax dan service, uang 50k cuma kembali 5k, tapi rasa puas dengan kenikmatannya membuat kami mingkem. Dan, ketagihan, besok mau bikin ahhhh, kebetulan di kulkas ada bailey liquor, kapan2 saya share lagi yah percobaan keduanya, 😉 😉

ImageSebagai tips : mungkin resting untuk panacotta bisa agak lama, pastikan benar2 sudah dingin, dan mengeras, masukkan kulkas selama kurleb 30 menit, baru dihidangkan.
sudah di edit pada resep diatas ya, kalau mengikuti cara restoran or cafe, mereka mendinginkan panacotta sekitar 1 jam-2 jam, agar teksturnya sempurna. baru dituang saus

Maafkan untuk penyajian panacotta pada gelas wine, abisss belum punya gelas tinggi yang berbentuk corong itu lohh..*masuklistbelanja

😉

🙂

17 thoughts on “.: Romantic Avocado Panacotta with Pistachios :.

  1. Pingback: Durian Bailey’s Pana Cotta | C'NT'A resep

  2. Ini dia nih resep yg aku tunggu2.aku jg suka bgt episode si rissa kegirangan panacottanya abis disikat chef arnold.lsg pengen coba weekend nanti.aku contek ya mba.τнänκ чöü ya

  3. Oh ya mba,kalo aku ga punya galatin lembaran trus pake galatin bubuk kira2 butuh brp byk ya?τнänκ чöü ya.

  4. haiii, dear nely..maaf baru liat sibuk sama baby abisnyaa, iya bener bangettt rissa ini emang orangnya semangatt banget yah, jadi bikin kita yang liatnya ikutan semangat, hehe, kalo ga salah gelatin lembaran itu 15 gr, coba timbang gelatin bubuknya sebanyak itu aja, mudah2an membantu ya, hehe…

  5. hehe sorry mba…kirain ga ke posting comment nya kemarin itu…aku udah nyobain resep nya.tapi kok rasanya pahitttttt bgt.ud searching sana sini mungkin problem nya krn alpukat ga boleh dipanasin di atas kompor ya dan ga boleh keruk daging alpukatnya sampe ke bagian hijau tua nya yg dekat kulit.hehe

  6. wah koq bisa jadinya pahit? yang punyaku ini manis lembut banget, apakah tidak kelupaan masukkin gula?
    trus didiemin di kulkas 2 jam an baru siap dihidangkan.
    kalo aku malah kulit alpukatnya dikupas loh ga dikeruk*terlalurajin hehehe…

  7. Iya mba pahit bgt…ternyata byk jg yg berkasus sama.pas aku search di google kenapa alpukat pahitt ternyata byk yg senasib,dan ini jwbannya:
    1.alpukat ga boleh dipanasin krn ada kandungan apanya gt yg bs bikin jadi pahit.
    2.ga boleh keruk alpukat sampe ke bagian yg terdekat kulit.
    3.alpukatnya kurang mateng.hahaha…

    Ada tuh aku baca dimana gt.org yg nyoba masak pake bahan alpukat jg jadinya pahit sampe2 resepnya disalahin.bahkan ada yg gagal 2 kali krn pahit jg problemnya.jd bukan aku aja yg gagal.hehe.ud itu lupa pake jeruk nipis.alpukatnya jd brubah warna…tp masi penasaran sih pengen buat lg.biar aman mau coba bikin cappuccino panna cotta aja ah hehe.

  8. oh begitu ya, wah nambah info baru nih, mungkin pengaruh jenis alpukatnya juga kali ya mbak, mbak pake alpukat apa? aku pake alpukat mentega, meski dimasak tetep ga pahit lho..

    oh banyak ya kasus bikin pana cotta pake alpukat gagal, hehehe, mungkin aku termasuk yang beruntung kali ya bikin first time tapi ga ngalamin heheheh…

    aku juga bikin durian panacotta, mbak, bisa dicoba kalo pas nemu duren hehehe, cappucino pana cotta lebih aman, iya bener yang penting jadi dulu tekstur pana cottanya nanti baru coba buat variasi lain ya, hehe, met masak yaaaaa…gud lak !! ;D

  9. actually panna cotta avocado ku udah bagus tekstur nya…tapi ya ampunnn pahitnya itu lho ampe lama bgt ilang nya hahhaha….

    alpukatnya mahal lagi…bli di c4.alpukat probolinggo…abis goban cm dapet 4 biji.1 busuk pula.bingung sama alpukat.dibiarin agak mateng dia busuk.kl ga mau busuk kurang mateng…jadi takut mau eksperimen yg ke 2.mana alpukatnya bisa brubah warna…nakutin banget….hehheh

  10. mbak.. mau tanyaa.. jadi itu untuk pannacota sama sausnya masing2 pake 2 alpukat ya? totalnya jadi 4 alpukat ya? makasih banyak mbak buat resepnya..

Leave a comment